Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kdenlive FREE Open Source Video Editing Terbaru

Kdenlive atau Libre Video Editor merupakan Software Editing Video yang bisa kita gunakan secara Gratis tanpa memikirkan masalah lisensi.

Sebagai software editing video yang gratis bahkan opensource, Saya rasa ini sangat melebihi ekspektasi dengan berbagai fitur yang secara kontinyu dikembangkan saat ini menjadi lebih baik.

Saat artikel ini rilis, Kdenlive Libre Video Editor sudah mengeluarkan versi terbarunya yaitu 21.04.



Kdenlive Libre Editor Interface Light
Kdenlive Libre Video Editor 21.04 | Image SS by F.NA.RED - RahmanCyber.NET (https://www.rahmancyber.net)




Sangat jarang sekali Software Editing video GRATIS / FULL GRATIS seperti ini memberikan fitur seperti Chroma Key, Speed Clip, Multicam Editing, Multi Track bahkan sekarang kita bisa mengatur Layout editing dari Logging, Editing, Audio, Effect, Coloring...Seperti layaknya kita memakai software editing video Adobe Premiere maupun Davinci Resolve.


Kdenlive Libre Video Editor menggunakan beberapa teknologi untuk membuat software editing video gratis ini memiliki performa yang powerful.


Seperti KDE, MLT, FFmpeg. Qt



Apa itu KDE?


KDE / K Desktop Environment merupakan lingkungan desktop ( Desktop Environment ) / GUI (Graphical User Interface) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris.

Sebenarnya GUI itu tidak hanya KDE dan GNOME saja yang ada, tapi ada juga yang namanya IceWM,XFCE,Blackbox,dan Fluxbox.

GUI pada Linux sendiri secara mudahnya bisa dikatakan tampilan sebagai jembatan penggunaan sistem linux dengan pengguna atau user agar lebih mudah digunakan. 

Matthias Ettrich merupakan pendiri dari KDE ini pada 14 Oktober 1996, yang tersedia dalam Multibahasa (lebih daripada 80 bahasa) dengan Pengembang: Tim KDE.

Bahasa pemrograman yang digunakan C++ Qt, Rilis perdana pada 14 Oktober 1996 atau 24 tahun lalu sejak artikel ini rilis di BagiDoang.


Aplikasi KDE - Kuat, multi-platform, dan untuk semua


Perangkat lunak KDE digunakan untuk menjelajahi web, tetap berhubungan dengan kolega, teman dan keluarga, mengelola file, menikmati musik dan video; dan menjadi kreatif dan produktif di tempat kerja. Komunitas KDE mengembangkan dan memelihara lebih dari 200 aplikasi yang berjalan pada desktop Linux manapun, dan seringkali juga pada platform lain.


Krita yang merupakan software gratis yang digunakan untuk membuat artwork pun memakai ekosistem KDE ini.



Apa itu MLT?


Media Lovin 'Toolkit ( MLT ) merupakan kerangka kerja multimedia sumber terbuka , dirancang dan dikembangkan untuk penyiaran televisi. Ini menyediakan toolkit untuk penyiar, editor video, pemutar media, transcoder, web streamer dan banyak lagi jenis aplikasi lainnya. Fungsionalitas sistem disediakan melalui bermacam-macam alat yang siap digunakan, komponen pembuatan XML, dan API berbasis plugin yang dapat diperluas.



Apa itu FFmpeg?


FFmpeg merupakan program komputer yang dapat merekam, mengkonversikan dan streaming audio dan video digital dalam berbagai format. FFmpeg merupakan aplikasi command line yang terdiri dari kumpulan pustaka perangkat lunak bebas / open source



Apa itu Qt?


Dalam pemrograman komputer, Qt adalah toolkit untuk pengembangan aplikasi grafis yang bersifat lintas-platform. Qt dikenal sebagai fondasi penyusun KDE, sebuah lingkungan grafis yang populer di Linux. Qt dibuat oleh perusahaan Norwegia bernama Trolltech.

Qt ini Lintas platform, ditulis menggunakan bahasa C++, dengan Lisensi Qt Commercial License; GPL 2.0, 3.0; LGPL 3.0


One framework. One codebase. Any platform.


Qt adalah cara tercepat dan terpintar untuk menghasilkan perangkat lunak terkemuka di industri yang disukai pengguna.



Jika kamu ingin bergambung menjadi kontributor Kdenlive... disana mengatakan

Kdenlive is developed by a small team and new contributors are welcome.



Fitur Dasar Kdenlive


Multi-track video editing

Kdenlive memungkinkan Anda untuk menggunakan dan mengatur beberapa trek audio dan video, masing-masing dapat dikunci atau dibungkam untuk kenyamanan Anda. 


Use any audio / video format

Berdasarkan perpustakaan FFmpeg yang kuat, Kdenlive dapat menggunakan hampir semua format audio dan video secara langsung tanpa perlu mengonversi atau menyandikan ulang klip Anda. 


Configurable interface and shortcuts

Anda dapat mengatur dan menyimpan tata letak antarmuka kustom Anda agar sesuai dengan alur kerja Anda.

Pintasan keyboard juga dapat dikonfigurasi agar sesuai dengan preferensi Anda. 


Titler

Buat judul 2D untuk proyek Anda, termasuk:

  • Sejajarkan dan Distribusikan;
  • Letter-spacing dan Line-spacing adjustment;
  • Pemilih font sistem termasuk dukungan font-family;
  • Fitur desain: Warna, Bayangan, Garis Besar dan Gradien;
  • Alat Perayapan dan Gulung yang disematkan untuk animasi teks;
  • Dekoder unicode;
  • Putar dan Zoom;
  • Tambahkan gambar;
  • Dukungan template; 



Many effects and transitions

Lusinan efek tersedia, mulai dari koreksi warna hingga penyesuaian audio, serta semua opsi transformasi standar. 



Audio and video scopes


Pantau level audio Anda atau periksa cakupan warna untuk memastikan rekaman Anda seimbang dengan benar.

  • Pengukur Audio
  • Histogram
  • Bentuk gelombang
  • Vectorscope
  • Parade RGB 


Proxy editing


Kdenlive dapat secara otomatis membuat salinan resolusi rendah dari klip sumber Anda untuk memungkinkan Anda melakukan pengeditan di komputer mana pun, dan kemudian merender menggunakan resolusi penuh. 



Automatic backup


File proyek Anda secara otomatis dicadangkan setiap beberapa menit, dan versi yang lebih lama dari file proyek juga disimpan jika Anda perlu mengembalikan ke versi sebelumnya. 



Online resources


Unduh profil render, tisu, dan templat judul langsung dari antarmuka. 



Timeline preview


Terkadang saat menggunakan rekaman resolusi tinggi atau efek kompleks, pemutaran waktu nyata tidak dimungkinkan. Pratinjau garis waktu memungkinkan Anda membuat bagian-bagian garis waktu terlebih dahulu untuk mendapatkan pemutaran yang mulus sempurna. 



Keyframeable effects


Sebagian besar efek dapat dibingkai tombol, memungkinkan Anda untuk mengubah parameter dari waktu ke waktu, menggunakan kurva linier atau halus untuk mencapai hasil yang Anda inginkan. 


Themable interface


Mesin bertema fleksibel yang mampu untuk berbagai tema terang dan gelap. 





Download Kdenlive Libre Video Editor Versi 21.04 FREE 






GNU/Linux distributions



Linux logo 

Appimage akan bekerja pada sebagian besar distribusi GNU / Linux. Setelah mengunduh file, Anda harus membuatnya dapat dieksekusi (klik kanan dan dalam set izin "Izinkan file yang dijalankan sebagai program" atau serupa): Anda kemudian dapat meluncurkannya dengan mengklik dua kali di atasnya.

Jika Anda menggunakan Ubuntu atau turunannya dan lebih memilih untuk menggunakan paket asli, Anda dapat menambahkan PPA kami ke repositori Anda. 






Windows



Logo Windows
Jangan gunakan utilitas uninstall.exe Kdenlive yang diinstal sebelum 10 Juli 2019, cukup hapus file dan folder yang diinstal secara manual. Lebih jelasnya lihat disini.

Versi mandiri Windows: Klik dua kali exe yang mengekstrak sendiri (bukan penginstal, tidak perlu hak admin untuk mengekstrak). Untuk memulai Kdenlive, klik dua kali Kdenlive.exe di folder "bin".

Penggunaan Kdenlive untuk pertama kali: Harap mulai Kdenlive dua kali. Masalah ini harus diselesaikan dengan versi Windows 19.04.2-6

 

GUI Kdenlive rusak. Harap ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Masih ada masalah yang diketahui. 



Windows: Uninstall old version. Then install version 21.04.0.
Windows: 请先卸载旧版软件,然后安装 21.04.0 版。








Mac OSX



logo mac apple
Kdenlive dan MLT dapat mengkompilasi dan menjalankan di bawah Mac OS X. Paket tersedia dari proyek MacPorts, sayangnya mereka sudah ketinggalan zaman. Relawan didorong untuk berkontribusi.

Kompilasi dan Instalasi
Sebagian besar distribusi mengirimkan paket Kdenlive. Namun, Kdenlive dan pustaka intinya seperti MLT berkembang pesat dan paket distribusi tidak selalu tersedia untuk versi terbaru.









Kesimpulan



Kdenlive Libre Video Editor ini merupakan Alternatif / Alternative software video editing yang sangat powerful menurut saya.

Saya juga sudah menulis Pengetahuan informasi seputar Kdenlive yang lebih lengkap sebagai software editing Video Gratis, jika memang kesulitan dalam hal lisensi Adobe Premiere maupun Davinci Resolve Pro.

Karena sebagai software yang bisa di dapatkan secara gratis, berbagai fitur di Kdenlive ini pun tak kalah dengan software software premium.





Semoga Review ini bermanfaat sebagai referensi buat kalian...







BagiDoang - Membagikan Informasi bermanfaat (InsyaAllah ) dan berbagi resource lainnya... untuk sobat dimanapun berada... ^_^










Choirul Wijaya
Choirul Wijaya Bagi Doang Merupakan Gudang Download RahmanCyber NET | beralamatkan di https://bagidoang.rahmancyber.net - disinilah kita menampung berbagai konten unduhan

Posting Komentar untuk "Download Kdenlive FREE Open Source Video Editing Terbaru"

artikel dibuat oleh bagidoang